15 Rekomendasi Extension VSCode

15 Rekomendasi Extension VSCode
source: vscode

Text editor merupakan salah satu tools yang wajib dimiliki oleh seorang programmer atau developer, tanpa text editor programmer atau developer akan kesusahan dalam membangun atau mengembangkan suatu aplikasi maupun website.

Saat sekarang ini sudah banyak text editor yang membantu para developer dalam membangun dan mengembangkan aplikasi, seperti:

  • Notepad++
  • Sublime Text 3
  • Atom
  • IntelliJ IDEA
  • Visual Studio Code
  • dst.

Dari tiap-tiap text editor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti Notepad++ ( ringan tapi gk ada autocomplete ), Sublime text 3 ( highlight code nya udah lumayan bagus dibanding notepad++ tapi autocomplete nya masih ngebaca local file ), Atom ( highlight nya bagus, autocomplete bagus, tetapi rada berat ),  intellij ( highlight, autocomplete bagus akan tetapi berbayar untuk mencoba fitur ultimate text editor ), Visual Studio Code ( highlight, autocomplete, dan bagus utk development JS / TS ).

Visual Studio Code - Code Editing. Redefined
Visual Studio Code is a code editor redefined and optimized for building and debugging modern web and cloud applications. Visual Studio Code is free and available on your favorite platform - Linux, macOS, and Windows.

Visual Studio Code dibangun oleh Microsoft dan text editor ini bersifat Open Source, yang mana kita bisa berkontribusi dalam mengembangkannya.

Tema yang saya gunakan dalam mengembangkan aplikasi menggunakan VS Code

  1. One Dark Pro
  2. Font FiraCode
  3. Material Icon Theme

One Dark Pro

Ekstensi highlighting ini sangat membantu saya dalam hal memisahkan warna di setiap variable, function, class dan lainnya.

One Dark Pro - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - Atom’s iconic One Dark theme for Visual Studio Code

Font FiraCode

Font dari FiraCode ini memberikan kesan yang menarik karna stuktur fontnya mengikuti rules programmer misalkan simbol ( -> ) pada font firacode simbol ini akan berubah menjadi tanda panah, dari situ cukup membantu dan unik aja gitu.

GitHub - tonsky/FiraCode: Free monospaced font with programming ligatures
Free monospaced font with programming ligatures. Contribute to tonsky/FiraCode development by creating an account on GitHub.

Material Icon Theme

Material Icon ini cukup banyak icon-icon yang ada, jadi ketika membuat sebuah folder yang udah nge tag si icon nya, folder tersebut akan mendapatkan icon yang diharapkan.

Material Icon Theme - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - Material Design Icons for Visual Studio Code

Adapun ekstensi VS Code yang dapat memudahkan kerjaan mu, yakni:

  1. Gitlens
  2. File Utils
  3. Visual Studio IntelliCode
  4. Sublime Text Keymap
  5. Prettier
  6. Eslint
  7. ES7 React / Redux / GraphQL / React-Native Snippet
  8. dotENV
  9. Docker
  10. Wakatime
  11. CodeSnap
  12. Conventional Commits
  13. Google Cloud Code
  14. Pretty TypeScript Errors
  15. Resource Monitor

Git Lens

Dengan Gitlens kita bisa lihat perubahan codingan di line tertentu / di file tertentu, dan masih banyak fungsi lainnya.

GitLens — Git supercharged - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - Supercharge Git within VS Code — Visualize code authorship at a glance via Git blame annotations and CodeLens, seamlessly navigate and explore Git repositories, gain valuable insights via rich visualizations and powerful comparison commands, and so much more

File Utils

Dengan File Utils memiliki fungsi yang sangat bermanfaat, seperti ( file delete, file duplicate, file move, file rename, dst ). dikarenakan bawaan dari VS Code nya ada beberapa options klik kanan yang kurang akan bisa terbantu oleh ekstensi ini.

File Utils - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - A convenient way of creating, duplicating, moving, renaming and deleting files and directories.

Visual Studio IntelliCode

Sebenarnya intelisense dari VS Code itu sendiri sudah ada, akan tetapi masih ada kekurangan kalo menurut ku. Dengan Visual Studio IntelliCode ini kita bisa tau suggestion mana yang penting / suggestion yang di sarankan. Ini membuat kita menjadi lebih tau dan terarah utk menggunakan suggestionnya.

IntelliCode - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - AI-assisted development

Sublime Text Keymap

Dikarenakan keymap nya VS Code rada aneh, contoh: misalkan kita mau copy 1 line biasanya di text editor lain menggunakan shortcut / keymap ( Ctrl + D ). Malah di VS Code jadi aneh kalo pencet tombol Ctrl + D nya. Maka dari itu aku menggunakan ekstensi ini, dan sampai sekarang masih sangat membantu dalam mengerjakan proyek di VS Code.

Sublime Text Keymap and Settings Importer - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - Import Sublime Text settings and keybindings into VS Code.

Prettier

Dengan menggunakan ekstensi ini, kodingan kamu akan menjadi rapi dan kalo ada rules prettiernya juga ngebantu kita.

Prettier - Code formatter - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - Code formatter using prettier

Eslint

Ketika kita menggunakan eslint kita akan diarahkan ngoding ke jalan yang benar, dengan rules eslint, ini sangat membantu kita saat membuat variable, function maupun class. Dan jika dikombinasikan dengan prettier, ini akan menjadi ekstensi yang sangat powerfull..

ESLint - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - Integrates ESLint JavaScript into VS Code.

ES7 / react / redux / graphql / react-native snippet

Dengan ekstensi ini sangat membantu dalam mengembangkan proyek berbasis framework react js, redux, graphql dan react-native.

ES7+ React/Redux/React-Native snippets - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - Extensions for React, React-Native and Redux in JS/TS with ES7+ syntax. Customizable. Built-in integration with prettier.

Dotenv

Ekstensi ini cuma membuat .env kamu jadi lebih bagus dengan highlighting nya yang tidak membuat pusing.

Dotenv Official +Vault - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - Official Dotenv. Syntax highlighting, auto-cloaking, auto-completion, in-code secret peeking, and optionally dotenv-vault.

Docker

Dengan ekstensi ini membuat kita jadi lebih mudah dalam ngatur config Dockerfile maupun docker-compose.yml, serta menjadi shortcut langsung di text editor nya tanpa harus membuka Docker Dashboard.

Docker - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - Makes it easy to create, manage, and debug containerized applications.

Wakatime

Ekstensi ini dapat membantu kamu dalam melihat aktifitas ngoding kamu dalam sehari, seminggu, bahkan bulanan. Ini sangat membantu kamu dalam kerja freelance atau pun lembur jadi aktifitas kamu sewaktu ngoding akan ke catat di website Wakatime saat kamu integrasikan dengan VS Code.

WakaTime - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - Metrics, insights, and time tracking automatically generated from your programming activity.

CodeSnap

Ekstensi ini dapat membantu kamu dalam Screen shot kodingan dengan mudah, hanya dengan mengaktifkan fitur tsb, lalu copy paste kodingan kamu, dan kamu tinggal klik icon CodeSnap maka kamu sudah melakukan screen shot kodingan berupa png.

CodeSnap - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - 📷 Take beautiful screenshots of your code

Conventional Commit

Dengan ekstensi ini commitan kamu ke git akan jauh lebih gampang di baca, dan ketika kamu ingin release menggunakan semver / standar-version, commitan tadi akan di grouping sesuai apakah itu Fitur / Fix / Breaking Change dari versi App kamu sebelumnya.

Conventional Commits - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - 💬Conventional Commits for VSCode.

Google Cloud Code

Ekstensi ini memudahkanmu dalam deployment App kamu ke Google Cloud Platform ( GCP ). Untuk dokumentasi nya kamu bisa cek di ekstensi tsb.

Google Cloud Code - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - Cloud Code is Google Cloud’s official IDE extension to develop with your favorite Google Cloud services such as Kubernetes, Cloud Run, and Compute Engine. Cloud Code makes developing with Google Cloud (GCP) feel like working on local code.

Pretty TypeScript Errors

Jika kamu sering menggunakan TypeScript untuk proses development sebuah App dengan NodeJs / Deno / dan lainnya. Ekstensi ini sangat membantu kamu dalam menemukan sebuah error pada koding TypeScript kamu.

Pretty TypeScript Errors - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - Make TypeScript errors prettier and more human-readable in VSCode

Resource Monitor

Ekstensi ini memudahkan kamu dalam melihat resource pada local machine kamu, seperti penggunaan CPU, Memory, dan Battery Health.

Resource Monitor - Visual Studio Marketplace
Extension for Visual Studio Code - Displays current CPU stats, memory/disk consumption, and battery percentage remaining.

Conclusion

Ada beberapa Tema yang bagus utk di coba, yakni One Dark Pro, Font FiraCode dan Material Icon Themes, disini saya sangat suka menggunakan FiraCode karna font nya unik saat digunakan utk ngoding, dan Hightlight One Dark Pro juga bagus untuk ngasih hightlight utk function, variable, class dan lainnya.

Dan tidak lupa pula utk ekstensi yang menurut saya sangat ngebantu dalam mengembangkan sebuah produk maupun mengerjakan project dari client.

Referensi

Artikel diatas saya kutip dari beberapa sumber :

  1. https://code.visualstudio.com/
  2. https://github.com/tonsky/FiraCode
N. Fajri

N. Fajri

I am still learning to get the best experience. I like to explore new things related to technology.
Tangerang, Indonesia